Matematika SMA kelas 1 semester 1

Jadi, nilai dari
(Jawaban C)

Jadi, bentuk sederhana dari
adalah
(Jawaban A)

Jadi, bentuk sederhana dari
adalah
(Jawaban D)

Jadi, nilai dari
adalah
(Jawaban A)

Jadi, nilai dari
jika
dan
adalah
(Jawaban B)

Jadi, bentuk sederhananya adalah
(Jawaban C)

Jadi, nilai dari
adalah
(Jawaban E)

Jadi, nilai dari
untuk
adalah
(Jawaban A)

Jadi, nilai-nilai
yang memenuhipertidaksamaan itu adalah
(Jawaban E)
Link:
Soal Nomor 2
Nilai dari
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Nilai dari
A.
Penyelesaian
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 3
Bentuk sederhana dari
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Bentuk sederhana dari
A.
Penyelesaian
Jadi, bentuk sederhana dari
[collapse]
Soal Nomor 4
Nilai
yang memenuhi
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Nilai
A.
Penyelesaian
Akan dicari nilai
sedemikian sehinggapersamaan berpangkat yang diberikan itu bernilai benar. Perhatikan bahwa
dan
memiliki hubungan pangkat, yaitu
dan
, sehingga ditulis

Jadi, nilai
adalah
(Jawaban B)
Jadi, nilai
[collapse]
Soal Nomor 5
Bentuk sederhana dari
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Bentuk sederhana dari
A.
B.
C.
Penyelesaian
Jadi, bentuk sederhana dari
[collapse]
Soal Nomor 6
Nilai dari
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Nilai dari
A.
B.
C.
Penyelesaian
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 7
Jika
dan
, maka 
A.
B.
C.
D.
E. 
Jika
A.
Penyelesaian
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 8
Bentuk sederhana dari
adalah 
A.
D.
B.
E.
C.
Bentuk sederhana dari
A.
Penyelesaian
Pecahan itu memiliki penyebut tak rasional (memuat bentuk akar) sehingga perlu dirasionalkan dengan cara dikalikanakar sekawan.

Jadi, bentuk sederhana dari
adalah
(Jawaban D)
Jadi, bentuk sederhana dari
[collapse]
Soal Nomor 9
Bentuk sederhana dari
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Bentuk sederhana dari
A.
B.
C.
Penyelesaian
Jadi, bentuk sederhananya adalah
[collapse]
Soal Nomor 10
Nilai dari
adalah 
A. 27 B. 9 C. 5 D. 4 E. 3
Nilai dari
A. 27 B. 9 C. 5 D. 4 E. 3
Penyelesaian
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 11

A.
B.
C. 
D.
E. 
A.
D.
Penyelesaian
Soal Nomor 12
Nilai dari
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Nilai dari
A.
Penyelesaian
Dengan menggunakan sifat penjumlahan dan pengurangan logaritma:

diperoleh

Jadi, nilai dari
adalah
(Jawaban D)
diperoleh
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 13
Jika
dan
. Nilai dari
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Jika
A.
B.
C.
Penyelesaian
Diketahui
dan
.

Jadi, nilai dari
jika
dan
adalah
(Jawaban A)
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 14
Nilai dari
untuk
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Nilai dari
A.
Penyelesaian
Jadi, nilai dari
[collapse]
Soal Nomor 15
Nilai-nilai
yang memenuhipertidaksamaan
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Nilai-nilai
A.
B.
C.
Penyelesaian
Jadi, nilai-nilai
[collapse]
Soal Nomor 16
Penyelesaian dari pertidaksamaan
adalah 
A.
B.
C.
D.
E.
Penyelesaian dari pertidaksamaan
A.
B.
C.
D.
E.
Penyelesaian
Soal Nomor 17
Himpunan penyelesaian sistem persamaanlinear dua variabel
adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Himpunan penyelesaian sistem persamaanlinear dua variabel
A.
B.
C.
Penyelesaian
Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh

Substitusikan (gantikan)
pada salah satu persamaan, misalkan padapersamaan pertama.

Jadi, himpunan penyelesaian SPLDVtersebut adalah
(Jawaban A)
Substitusikan (gantikan)
Jadi, himpunan penyelesaian SPLDVtersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 18
Himpunan penyelesaian dari sistempersamaan

adalah
A.
D. 
B.
E. 
C.
Himpunan penyelesaian dari sistempersamaan
adalah
A.
B.
C.
Penyelesaian
Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh

Substitusikan (gantikan)
pada salah satu persamaan, misalkan padapersamaan pertama.

Jadi, himpunan penyelesaian SPLDVtersebut adalah
(Jawaban B)
Substitusikan (gantikan)
Jadi, himpunan penyelesaian SPLDVtersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 19
Andi membeli 2 buku tulis dan 3 pensil seharga Rp8.500,00, sedangkan Didit membeli 3 buku tulis dan 2 pensil seharga Rp9.000,00. Jika Anita membeli 1 buku dan 1 pensil, maka ia harus membayar sebesar
A. Rp5.500,00 D. Rp4.000,00
B. Rp5.000,00 E. Rp3.500,00
C. Rp4.500,00
Andi membeli 2 buku tulis dan 3 pensil seharga Rp8.500,00, sedangkan Didit membeli 3 buku tulis dan 2 pensil seharga Rp9.000,00. Jika Anita membeli 1 buku dan 1 pensil, maka ia harus membayar sebesar
A. Rp5.500,00 D. Rp4.000,00
B. Rp5.000,00 E. Rp3.500,00
C. Rp4.500,00
Penyelesaian
Misalkan
= harga 1 buku tulis dan
= harga 1 pensil, sehingga dapat dibentukmodel matematika berupa SPLDVsebagai berikut.

Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh

Dengan demikian, Anita harus membayar Rp3.500,00 untuk membeli 1 buku tulis dan 1 pensil (Jawaban E)
Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh
Dengan demikian, Anita harus membayar Rp3.500,00 untuk membeli 1 buku tulis dan 1 pensil (Jawaban E)
[collapse]
Soal Nomor 20
Harga 2 kg gula pasir dan 3 kg beras adalah Rp27.000,00, sedangkan harga 3 kg gula pasir dan 3 kg beras adalah Rp33.000,00. Harga 1 kg gula pasir dan 1 kg beras (masing-masing) adalah
A. Rp6.000,00 dan Rp5.000,00
B. Rp5.000,00 dan Rp6.000,00
C. Rp5.000,00 dan Rp7.000,00
D. Rp7.000,00 dan Rp5.000,00
E. Rp6.000,00 dan Rp12.000,00
Harga 2 kg gula pasir dan 3 kg beras adalah Rp27.000,00, sedangkan harga 3 kg gula pasir dan 3 kg beras adalah Rp33.000,00. Harga 1 kg gula pasir dan 1 kg beras (masing-masing) adalah
A. Rp6.000,00 dan Rp5.000,00
B. Rp5.000,00 dan Rp6.000,00
C. Rp5.000,00 dan Rp7.000,00
D. Rp7.000,00 dan Rp5.000,00
E. Rp6.000,00 dan Rp12.000,00
Penyelesaian
Misalkan
= harga gula pasir per kg dan
= harga beras per kg, sehingga dapat dibentuk model matematika berupaSPLDV sebagai berikut.

Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh

Substitusikan (gantikan)
pada salah satu persamaan, misalkan padapersamaan pertama.

Jadi, harga 1 kg gula pasir adalah Rp6.000,00 dan harga 1 kg beras adalah Rp5.000,00 (Jawaban A)
Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) dalam SPLDV, diperoleh
Substitusikan (gantikan)
Jadi, harga 1 kg gula pasir adalah Rp6.000,00 dan harga 1 kg beras adalah Rp5.000,00 (Jawaban A)
[collapse]
Soal Nomor 21
Perhatikan grafik di bawah ini.
Daerah penyelesaian dari sistempertidaksamaan
dan
pada gambar di atas adalah 
A. V B. IV C. III D. II E. I
Perhatikan grafik di bawah ini.

A. V B. IV C. III D. II E. I
Penyelesaian
Grafik dari pertidaksamaan
memotong sumbu
di
dan memotong sumbu
di
. Karena bertanda
, maka arsiran daerah penyelesaiannya ke bawah, yaitu daerah II, III, dan V.
Grafik dari pertidaksamaan
memotong sumbu
di
dan memotong sumbu
di
. Karena bertanda
, maka arsiran daerah penyelesaiannya ke atas, yaitu daerah I, II, dan V.
juga bertanda nonnegatif. Ini berarti, daerah penyelesainnya hanya termuat di kuadran pertama. Dengan demikian, daerah penyelesaian sistempertidaksamaan tersebut adalah daerah II. (Jawaban D)
Grafik dari pertidaksamaan
[collapse]
Soal Nomor 22
Seorang pedagang paling sedikit menyewa 28 kendaraan untuk jenis truk dan colt, dengan jumlah yang diangkut sebanyak 272 karung. Truk dapat mengangkut tidak lebih dari 14 karung dan colt 8 karung. Ongkos sewa truk Rp500.000,00 dan coltRp300.000,00. Jika
menyatakan banyaknya truk dan
menyatakan banyaknya colt, maka model matematikadari permasalahan di atas adalah 
A.
B.
C.
D.
E.
Seorang pedagang paling sedikit menyewa 28 kendaraan untuk jenis truk dan colt, dengan jumlah yang diangkut sebanyak 272 karung. Truk dapat mengangkut tidak lebih dari 14 karung dan colt 8 karung. Ongkos sewa truk Rp500.000,00 dan coltRp300.000,00. Jika
A.
B.
C.
D.
E.
Penyelesaian
Misalkan
menyatakan banyaknya truk dan
menyatakan banyaknya colt, maka dapat dibentuk model matematikaberupa sistem pertidaksamaan linear sebagai berikut dengan memperhatikantabel di bawah.


(Jawaban B)
(Jawaban B)
[collapse]
Soal Nomor 23
Daerah yang diarsir pada grafik di bawah merupakan himpunan penyelesaian sistempertidaksamaan

A.
B.
C.
D.
E.
Daerah yang diarsir pada grafik di bawah merupakan himpunan penyelesaian sistempertidaksamaan

A.
B.
C.
D.
E.
Penyelesaian
Persamaan garis pertama:
, kemudian disederhanakan dengan membagi 10 pada kedua ruasnya, sehingga didapat
.
Titik
merupakan salah satuhimpunan penyelesaian daripertidaksamaan tersebut (perhatikan arsirannya), sehingga diperoleh 
Persamaan garis kedua:
, kemudian disederhanakan dengan membagi 40 pada kedua ruasnya, sehingga didapat
.
Titik
merupakan juga salah satuhimpunan penyelesaian daripertidaksamaan tersebut (perhatikan arsirannya), sehingga diperoleh 
Kendala non-negatif diberikan oleh
dan
karena daerah penyelesaiannya hanya memuat kuadran pertama.
Jadi, sistem persamaan sesuai dengan daerah penyelesaian yang diberikan tersebut adalah
(Jawaban E)
Titik
Persamaan garis kedua:
Titik
Kendala non-negatif diberikan oleh
Jadi, sistem persamaan sesuai dengan daerah penyelesaian yang diberikan tersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 24
Perhatikan gambar berikut ini!

Nilai maksimum untuk fungsi objektif
adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Perhatikan gambar berikut ini!

Nilai maksimum untuk fungsi objektif
A.
Penyelesaian
Daerah penyelesaian itu memiliki 3 titik pojok. Salah satunya adalah titik potong kedua garis itu. Koordinat titik potongnya dapat dicari dengan menggunakan metode penyelesaian SPLDV. Persamaangaris yang dimaksud dituliskan dalam sistem persamaan linear dua variabel berikut.

Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) pada SPLDV, diperoleh

Substitusikan
pada persamaanpertama,

Jadi, titik potongnya ada di koordinat
.
Koordinat titik pojok daerah penyelesaian tersebut adalah
, dan
. Uji titik ini pada fungsi objektif
.

Dari tabel di atas, nilai maksimum fungsi objektif
adalah
(Jawaban C)
Dengan menggunakan metode gabungan (eliminasi-substitusi) pada SPLDV, diperoleh
Substitusikan
Jadi, titik potongnya ada di koordinat
Koordinat titik pojok daerah penyelesaian tersebut adalah
Dari tabel di atas, nilai maksimum fungsi objektif
[collapse]
Soal Nomor 25
Diketahui barisan bilangan:
. Rumus umum suku ke-
untuk barisanbilangan tersebut adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Diketahui barisan bilangan:
A.
B.
C.
Penyelesaian
Barisan itu adalah barisan aritmetikakarena memiliki selisih suku yang berdekatan tetap.
Diketahui
dan
, sehingga

Jadi, rumus umum suku ke-
adalah
(Jawaban C)
Diketahui
Jadi, rumus umum suku ke-
[collapse]
Soal Nomor 26
Diketahui suatu barisan aritmetika dengan
dan
. Suku ketujuhbarisan tersebut adalah 
A.
B.
C.
D.
E. 
Diketahui suatu barisan aritmetika dengan
A.
Penyelesaian
Diketahui rumus suku ke-
barisanaritmetika adalah
. Akan dicari nilai dari
(beda) sebagai berikut.

Selanjutnya, akan dicari nilai
(suku pertama) dengan menggunakanpersamaan
sebagai berikut.

Suku ke-7 barisan tersebut adalah
(Jawaban B)
Selanjutnya, akan dicari nilai
Suku ke-7 barisan tersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 27
Diketahui barisan geometri dengan suku ke-5
dan suku ke-2
. Rasio barisantersebut adalah 
A.
D. 
B.
E. 
C.
Diketahui barisan geometri dengan suku ke-5
A.
B.
C.
Penyelesaian
Diketahui
dan
. Dengan melakukan perbandingan antarsuku, diperoleh

Jadi, rasio barisan geometri tersebut adalah
(Jawaban A)
Jadi, rasio barisan geometri tersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 28
Suatu barisan geometri dengan suku pertama
dan
. Jumlah 6 suku pertama barisan tersebut adalah 
A. 31 B. 31,5 C. 32 D. 63 E. 64
Suatu barisan geometri dengan suku pertama
A. 31 B. 31,5 C. 32 D. 63 E. 64
Penyelesaian
Diketahui
dan
. Langkah pertama adalah menentukan rasionya terlebih dahulu.

Dengan menggunakan rumus jumlah
suku pertama barisan geometri:

diperoleh

Jadi, jumlah 6 suku pertama barisangeometri tersebut adalah
(Jawaban B)
Dengan menggunakan rumus jumlah
diperoleh
Jadi, jumlah 6 suku pertama barisangeometri tersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 29
Suku pertama suatu deret geometri adalah
. Jika rasionya
, maka jumlah tak hinggaderet tersebut adalah 
A. 6 B. 9 C. 12 D. 18 E. 27
Suku pertama suatu deret geometri adalah
A. 6 B. 9 C. 12 D. 18 E. 27
Penyelesaian
Diketahui
dan
. Dengan menggunakan formula jumlah deretgeometri tak hingga:
diperoleh
Jadi, jumlah tak hingga deret tersebut adalah
(Jawaban D)
diperoleh
Jadi, jumlah tak hingga deret tersebut adalah
[collapse]
Soal Nomor 30
Seutas tali dipotong menjadi 4 bagian, masing-masing membentuk barisangeometri. Jika potongan tali terpendek adalah 2 cm dan potongan tali terpanjang adalah 54 cm, panjang tali semula adalah
cm.
A. 60 B. 70 C. 80 D. 90 E. 100
Seutas tali dipotong menjadi 4 bagian, masing-masing membentuk barisangeometri. Jika potongan tali terpendek adalah 2 cm dan potongan tali terpanjang adalah 54 cm, panjang tali semula adalah
A. 60 B. 70 C. 80 D. 90 E. 100
Penyelesaian
Panjangnya setiap potongan tali merupakan suku-suku dalam barisangeometri, dengan
dan
. Dalam hal ini, akan dicari 
Langkah pertama adalah menentukan rasionya.

Jadi, rasio barisannya adalah
. Untuk itu, didapat

dan

Dengan demikian,

Jadi, panjang tali semula (sebelum dipotong) adalah
(Jawaban C).
Langkah pertama adalah menentukan rasionya.
Jadi, rasio barisannya adalah
dan
Dengan demikian,
Jadi, panjang tali semula (sebelum dipotong) adalah
[collapse]
Artikel Terkait
Link:
Komentar
Posting Komentar