Langsung ke konten utama

Matematika kelas 4 SD

Matematika kelas 4 SD
1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....

       a. 6⁄5                              b. 9⁄12
       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas dinamakan....
       a. Pembilang                  b. Pemfaktor
       c. Penyebut                    d. Pembagi
3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....
       a. Satu enam                  b. Enam satu
       c. Seperenam                 d. Enam persatu

4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....
       a. 1⁄59                             b. 9⁄5    
       c. 5⁄9                               d. 59⁄1

5.
       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....
       a.  5⁄3                              b.  1⁄5   
       c.  3⁄8                               d.  5⁄8

6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu kemudian memakan tiga bagian semangka.
       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis dalam bentuk pecahan adalah ....
       a.  1⁄3                              b.  9⁄3  
       c.  3⁄9                              d.  2⁄3

7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6
       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas agar menjadi urutan yang tepat adalah .....
       a.  1⁄6                               b.  2⁄6
       c.  3⁄6                               d.  6⁄6

8.    1⁄4  ......  1⁄9
       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah .....
        a. >                                  b. <    
        c. =                                  d. +-

9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10
       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari yang terkecil menjadi ....
       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10    
       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10    
       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10
       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....
       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4     
       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4

11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2 adalah ....
       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10     
       c. 11⁄22                             d. 50⁄100

12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang
       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui bahwa ....
       a. Pita Siti paling panjang
       b. Pita Amelia yang paling pendek
       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia
       d. Pita Ni Luh paling panjang

13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....
        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11    
        c. 25⁄24                               d. 6⁄24

14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....
       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20    
       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40

15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....
       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....
       a.  3⁄12                                b. 4⁄12   
       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1

16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....
       a. 0,5                                   b. 0,25   
       c. 0,125                               d. 0,375

17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan adalah...
       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5
       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10

18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk pecahan campuran adalah ....
       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4
       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4

19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen adalah....
      a.  6%                                     b. 67,5%
      c. 65%                                    d. 675%

20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa adalah....
      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20
      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25


KUNCI JAWABAN

Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas/Semester    : IV/ Ganjil


1. C        11. B        
2. A        12. D        
3. C        13. C        
4. C        14. B        
5. D        15. C        
6. C        16. D        
7. C        17. D        
8. A        18. A        
9. A        19. B        
10. D      20. B    

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...