Matematika kelas 4 SD
a. Satu enam b. Enam satu
c. Seperenam d. Enam persatu
4. Pecahan lima persembilan ditulis ....
a. 1⁄59 b. 9⁄5
c. 5⁄9 d. 59⁄1
5.
Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....
a. 5⁄3 b. 1⁄5
c. 3⁄8 d. 5⁄8
6. Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu kemudian memakan tiga bagian semangka.
Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis dalam bentuk pecahan adalah ....
a. 1⁄3 b. 9⁄3
c. 3⁄9 d. 2⁄3
7. 2⁄6 , ..... , 4⁄6 , 5⁄6
Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas agar menjadi urutan yang tepat adalah .....
a. 1⁄6 b. 2⁄6
c. 3⁄6 d. 6⁄6
8. 1⁄4 ...... 1⁄9
Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah .....
a. > b. <
c. = d. +-
9. 9⁄10 , 4⁄10 , 5⁄10 , 1⁄10
Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari yang terkecil menjadi ....
a. 1⁄10 , 4⁄10 , 5⁄10 , 9⁄10
b. 9⁄10 , 5⁄10 , 4⁄10 , 1⁄10
c. 9⁄10 , 1⁄10 , 5⁄10 , 4⁄10
d. 5⁄10 , 4⁄10 , 9⁄10 , 1⁄10
10. Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....
a. 1⁄2 b. 1⁄4
c. 2⁄3 d. 3⁄4
11. Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2 adalah ....
a. 2⁄4 b. 6⁄10
c. 11⁄22 d. 50⁄100
12. Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia sepanjang 4⁄10 meter dan Ni Luh sepanjang
3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui bahwa ....
a. Pita Siti paling panjang
b. Pita Amelia yang paling pendek
c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia
d. Pita Ni Luh paling panjang
13. 3⁄8 + 2⁄3 = ....
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
a. 5⁄24 b. 5⁄11
c. 25⁄24 d. 6⁄24
14. 1⁄4 + 1⁄2 + 2⁄5 = ....
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
a. 4⁄11 b. 23⁄20
c. 4⁄20 d. 2⁄40
15. 3⁄4 - 2⁄3 = ....
Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....
a. 3⁄12 b. 4⁄12
c. 1⁄12 d. 1⁄1
16. Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8 adalah ....
a. 0,5 b. 0,25
c. 0,125 d. 0,375
17. Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan adalah...
a. 2⁄5 b. 3⁄5
c. 2⁄10 d. 3⁄10
18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk pecahan campuran adalah ....
a. 4 1⁄2 b. 3 3⁄4
c. 3 1⁄2 d. 4 3⁄4
19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen adalah....
a. 6% b. 67,5%
c. 65% d. 675%
20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa adalah....
a. 3⁄10 b. 3⁄20
c. 3⁄15 d. 3⁄25
KUNCI JAWABAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/ Ganjil
1. C 11. B
2. A 12. D
3. C 13. C
4. C 14. B
5. D 15. C
6. C 16. D
7. C 17. D
8. A 18. A
9. A 19. B
10. D 20. B
1. Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....
a. 6⁄5 b. 9⁄12
c. 6⁄10 d. 12⁄15
2. Pada pecahan, bilangan yang berada di atas dinamakan....
a. Pembilang b. Pemfaktor
c. Penyebut d. Pembagi
3. Pecahan 1⁄6 dibaca .....a. 6⁄5 b. 9⁄12
c. 6⁄10 d. 12⁄15
2. Pada pecahan, bilangan yang berada di atas dinamakan....
a. Pembilang b. Pemfaktor
c. Penyebut d. Pembagi
a. Satu enam b. Enam satu
c. Seperenam d. Enam persatu
4. Pecahan lima persembilan ditulis ....
a. 1⁄59 b. 9⁄5
c. 5⁄9 d. 59⁄1
5.
Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....
a. 5⁄3 b. 1⁄5
c. 3⁄8 d. 5⁄8
6. Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu kemudian memakan tiga bagian semangka.
Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis dalam bentuk pecahan adalah ....
a. 1⁄3 b. 9⁄3
c. 3⁄9 d. 2⁄3
7. 2⁄6 , ..... , 4⁄6 , 5⁄6
Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas agar menjadi urutan yang tepat adalah .....
a. 1⁄6 b. 2⁄6
c. 3⁄6 d. 6⁄6
8. 1⁄4 ...... 1⁄9
Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah .....
a. > b. <
c. = d. +-
9. 9⁄10 , 4⁄10 , 5⁄10 , 1⁄10
Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari yang terkecil menjadi ....
a. 1⁄10 , 4⁄10 , 5⁄10 , 9⁄10
b. 9⁄10 , 5⁄10 , 4⁄10 , 1⁄10
c. 9⁄10 , 1⁄10 , 5⁄10 , 4⁄10
d. 5⁄10 , 4⁄10 , 9⁄10 , 1⁄10
10. Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....
a. 1⁄2 b. 1⁄4
c. 2⁄3 d. 3⁄4
11. Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2 adalah ....
a. 2⁄4 b. 6⁄10
c. 11⁄22 d. 50⁄100
12. Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia sepanjang 4⁄10 meter dan Ni Luh sepanjang
3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui bahwa ....
a. Pita Siti paling panjang
b. Pita Amelia yang paling pendek
c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia
d. Pita Ni Luh paling panjang
13. 3⁄8 + 2⁄3 = ....
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
a. 5⁄24 b. 5⁄11
c. 25⁄24 d. 6⁄24
14. 1⁄4 + 1⁄2 + 2⁄5 = ....
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
a. 4⁄11 b. 23⁄20
c. 4⁄20 d. 2⁄40
15. 3⁄4 - 2⁄3 = ....
Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....
a. 3⁄12 b. 4⁄12
c. 1⁄12 d. 1⁄1
16. Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8 adalah ....
a. 0,5 b. 0,25
c. 0,125 d. 0,375
17. Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan adalah...
a. 2⁄5 b. 3⁄5
c. 2⁄10 d. 3⁄10
18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk pecahan campuran adalah ....
a. 4 1⁄2 b. 3 3⁄4
c. 3 1⁄2 d. 4 3⁄4
19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen adalah....
a. 6% b. 67,5%
c. 65% d. 675%
20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa adalah....
a. 3⁄10 b. 3⁄20
c. 3⁄15 d. 3⁄25
KUNCI JAWABAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/ Ganjil
1. C 11. B
2. A 12. D
3. C 13. C
4. C 14. B
5. D 15. C
6. C 16. D
7. C 17. D
8. A 18. A
9. A 19. B
10. D 20. B
caranya kenapa tidak ada pak?
BalasHapus