Cara membuat anak berprestasi
Sumber : sekolah dasar.net
Pr (pekerjaan rumah) merupakan tugas sekolah yang dikerjakan di rumah, merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan anak.
Tujuan guru memberikan Pr ?
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah disampaikan di sekolah.
. Orang tua mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
Tujuan dari mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah diterima dari sekolah
. Orang tua perlu mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
Kebanyakan Ortu merasa malas mendampingi anak dalam mengerjakan Pr, tujuan dari pendampingan:
. Motivasi
. Membangun komunikasi antara anak dan ortu
Beberapa cara Ortu mendampingi anak belajar
. Berikan waktu untuk anak istirahat sesudah pulang dari sekolah
. Biarkan anak bermain sejenak
. Biarkan anak menonton acara tv yang disukai
. Tidur sekitar 1 atau 2 jam sesudah pulang dari sekolah
. Makan dan minum
. Mandi agar segar
Ruangan belajar
. Mempunyai ruangan belajar sendiri merupakan hal yang baik untuk anak usia sekolah
. Untuk mencegah terjadinya kejenuhan, bila anak minta belajar di ruang makan / ruang keluarga, asal bebas dari segala sesuatu yang yang bisa mengalihkan perhatian misal tv yang menyala
. Perhatikan penerangan, tempat duduk, untuk anak membaca / menulis
Memberikan penghargaan
. Berikan penghargaan untuk prestasi anak dalam belajar.
. Variasi penghargaan kepada anak bisa berupa pelukan, sanjungan, membuatkan susu hangat sebelum tidur.
. Membantu metapikan perlengkapan sekolah.
Bertamya tentang tugas sekolah ke anak.
Anak perlu diberitahukan supaya bisa mengatur emosi.
Durasi waktu maksimal dalam belajar
. 1,5 jam hingga 2 jam merupakan waktu yang efektif
. Kelebihan waktu belajar membuat anak merasa jenuh / bosan
. Anak perlu dilatih untuk fokus dalam belajar
Memeriksa hasil dari Pr
. Memeriksa hasil Pr apakah sesuai dengan catatan di agenda sekolah
. Latih anak untuk bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya
Cara melatih ketrampilan sosial anak
. Mampu berkomunikasi dengan anak lain dan dengan gurunya
. Cara berkomunikasi dengan anak sebaya, anak yang lebih muda, orang yang lebih tua.
. Ajarkan anak untuk bisa mengendalikan emosinya dan dapat bersikap sesuai dengan lingkungannya
. Ajari anak mengenal kelemahan / kekebihan dirinya sendiri
. Memiliki empati : dapat menghargai anak / orang lain
. Mencegah terjadinya kesalah pahaman dengan anak / orang lain
. Simpati / rasa kasih sayang terhadap anak / orang lain sejak kecil
. Melatih anak memupuk sikap positif
. Mau menolong sesama untuk membangun kepedulian sosial bukannya egosentris
. Selalu bertenggang rasa dengan anak / orang lain. (tidak melakukan ke orang lain segala srsuatu yang tidak ingin orang lain lakukan ke dirinya)
. Memiliki rasa bersaing dalam prestasi belajar (menjadi juara kelas)
Sekian. dan Terima Kasih.
Salam Sukses dalam Pendidikan.
Penulis.
Sumber : sekolah dasar.net
Pr (pekerjaan rumah) merupakan tugas sekolah yang dikerjakan di rumah, merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan anak.
Tujuan guru memberikan Pr ?
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah disampaikan di sekolah.
. Orang tua mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
Tujuan dari mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah diterima dari sekolah
. Orang tua perlu mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
Kebanyakan Ortu merasa malas mendampingi anak dalam mengerjakan Pr, tujuan dari pendampingan:
. Motivasi
. Membangun komunikasi antara anak dan ortu
Beberapa cara Ortu mendampingi anak belajar
. Berikan waktu untuk anak istirahat sesudah pulang dari sekolah
. Biarkan anak bermain sejenak
. Biarkan anak menonton acara tv yang disukai
. Tidur sekitar 1 atau 2 jam sesudah pulang dari sekolah
. Makan dan minum
. Mandi agar segar
Ruangan belajar
. Mempunyai ruangan belajar sendiri merupakan hal yang baik untuk anak usia sekolah
. Untuk mencegah terjadinya kejenuhan, bila anak minta belajar di ruang makan / ruang keluarga, asal bebas dari segala sesuatu yang yang bisa mengalihkan perhatian misal tv yang menyala
. Perhatikan penerangan, tempat duduk, untuk anak membaca / menulis
Memberikan penghargaan
. Berikan penghargaan untuk prestasi anak dalam belajar.
. Variasi penghargaan kepada anak bisa berupa pelukan, sanjungan, membuatkan susu hangat sebelum tidur.
. Membantu metapikan perlengkapan sekolah.
Bertamya tentang tugas sekolah ke anak.
Anak perlu diberitahukan supaya bisa mengatur emosi.
Durasi waktu maksimal dalam belajar
. 1,5 jam hingga 2 jam merupakan waktu yang efektif
. Kelebihan waktu belajar membuat anak merasa jenuh / bosan
. Anak perlu dilatih untuk fokus dalam belajar
Memeriksa hasil dari Pr
. Memeriksa hasil Pr apakah sesuai dengan catatan di agenda sekolah
. Latih anak untuk bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya
Cara melatih ketrampilan sosial anak
. Mampu berkomunikasi dengan anak lain dan dengan gurunya
. Cara berkomunikasi dengan anak sebaya, anak yang lebih muda, orang yang lebih tua.
. Ajarkan anak untuk bisa mengendalikan emosinya dan dapat bersikap sesuai dengan lingkungannya
. Ajari anak mengenal kelemahan / kekebihan dirinya sendiri
. Memiliki empati : dapat menghargai anak / orang lain
. Mencegah terjadinya kesalah pahaman dengan anak / orang lain
. Simpati / rasa kasih sayang terhadap anak / orang lain sejak kecil
. Melatih anak memupuk sikap positif
. Mau menolong sesama untuk membangun kepedulian sosial bukannya egosentris
. Selalu bertenggang rasa dengan anak / orang lain. (tidak melakukan ke orang lain segala srsuatu yang tidak ingin orang lain lakukan ke dirinya)
. Memiliki rasa bersaing dalam prestasi belajar (menjadi juara kelas)
Sekian. dan Terima Kasih.
Salam Sukses dalam Pendidikan.
Penulis.
Komentar
Posting Komentar