Langsung ke konten utama

Cara membuat anak berprestasi

Cara membuat anak berprestasi

Sumber : sekolah dasar.net

Pr (pekerjaan rumah) merupakan tugas sekolah yang dikerjakan di rumah, merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan anak.

Tujuan guru memberikan Pr ?
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah disampaikan di sekolah.
. Orang tua mendampingi anak dalam mengerjakan Pr

Tujuan dari mendampingi anak dalam mengerjakan Pr
. Agar anak bisa mengerti materi yang sudah diterima dari sekolah
. Orang tua perlu mendampingi anak dalam mengerjakan Pr

Kebanyakan Ortu merasa malas mendampingi anak dalam mengerjakan Pr, tujuan dari pendampingan:
. Motivasi
. Membangun komunikasi antara anak dan ortu

Beberapa cara Ortu mendampingi anak belajar
. Berikan waktu untuk anak istirahat sesudah pulang dari sekolah
. Biarkan anak bermain sejenak
. Biarkan anak menonton acara tv yang disukai
. Tidur sekitar 1 atau 2 jam sesudah pulang dari sekolah
. Makan dan minum
. Mandi agar segar

Ruangan belajar
. Mempunyai ruangan belajar sendiri merupakan hal yang baik untuk anak usia sekolah
. Untuk mencegah terjadinya kejenuhan, bila anak minta belajar di ruang makan / ruang keluarga, asal bebas dari segala sesuatu yang yang bisa mengalihkan perhatian misal tv yang menyala
. Perhatikan penerangan, tempat duduk, untuk anak membaca / menulis

Memberikan penghargaan
. Berikan penghargaan untuk prestasi anak dalam belajar.
. Variasi penghargaan kepada anak bisa berupa pelukan, sanjungan, membuatkan susu hangat sebelum tidur.
. Membantu metapikan perlengkapan sekolah.

Bertamya tentang tugas sekolah ke anak.

Anak perlu diberitahukan supaya bisa mengatur emosi.

Durasi waktu maksimal dalam belajar
. 1,5 jam hingga 2 jam merupakan waktu yang efektif
. Kelebihan waktu belajar membuat anak merasa jenuh / bosan
. Anak perlu dilatih untuk fokus dalam belajar

Memeriksa hasil dari Pr
. Memeriksa hasil Pr apakah sesuai dengan catatan di agenda sekolah
. Latih anak untuk bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya

Cara melatih ketrampilan sosial anak
. Mampu berkomunikasi dengan anak lain dan dengan gurunya
. Cara berkomunikasi dengan anak sebaya, anak yang lebih muda, orang yang lebih tua.
. Ajarkan anak untuk bisa mengendalikan emosinya dan dapat bersikap sesuai dengan lingkungannya
. Ajari anak mengenal kelemahan / kekebihan dirinya sendiri
. Memiliki empati : dapat menghargai anak / orang lain
. Mencegah terjadinya kesalah pahaman dengan anak / orang lain
. Simpati / rasa kasih sayang terhadap anak / orang lain sejak kecil
. Melatih anak memupuk sikap positif
. Mau menolong sesama untuk membangun kepedulian sosial bukannya egosentris
. Selalu bertenggang rasa dengan anak / orang lain. (tidak melakukan ke orang lain segala srsuatu yang tidak ingin orang lain lakukan ke dirinya)
. Memiliki rasa bersaing dalam prestasi belajar (menjadi juara kelas)

Sekian. dan Terima Kasih.
Salam Sukses dalam Pendidikan.
Penulis.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...