Langsung ke konten utama

UAS dan UN biologi kelas 9 mahluk hidup

UAS dan UN biologi kelas 9 mahluk hidup

Sumber : Ofe, Steven, Claudia, Nana, Diyo, Diyas, Audrey. dll.

1. Ciri - ciri mahluk hidup:
. Bernapas : manusia menghirup oksigen, membuang CO2, tanaman menghirup karbon dioksida dan melepaskan oksigen.
. Bergerak dengan cara berpindah tempat untuk manusia dan hewan
. Tanaman juga bergerak tetapi tidak berpindah tempat. Akar tanaman bergerak ke dalam tanah mencari sumber air, daun dan bunga bergerak ke arah datangnya cahaya matahari.
. Manusia dan hewan bisa berpindah tempat.
. Manusia dan hewan tumbuh menjadi besar. dan melahirkan keturunan.

2. Tujuan mahluk hidup berkembang biak :
. Untuk melanjutkan keturunannya.

3. Dua cara mahluk hidup berikembang biak :
A. Generatif / kawin
B. Vegetatif / tak kawin

4. Mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri disebut (autotrof) contohnya (tumbuhan) yaitu melalui proses (fotosintesis) dengan bantuan cahaya (matahari) mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sekndiri juga disebut (produsen)

5. Mahluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri disebut (heterotrof)

6. Mahluk hidup mengeluarkan zat sisa :
. Melalui paru - paru : uap air, karbon dioksida
. Makalui kulit : keringat, dan minyak.
. Melalui anus : tinja
. Melalui ureter : urine
. Melalui hati : pigmen empedu, bilirubin.
. Ekskresi : pengeluaran zat sisa melalui paru - paru, ginjal, hati, dan kulit.
. Defekasi : pengeluaran zat sisa melalui anus

7. Iritabilitas : mahluk hidup peka terhadap rangsang.
. Tananan putri malu mengatupkan daunnya saat disentuh
. Bunga matahari selalu menghadap ke arah datangnya cahaya matahari.
. Trenggiling menggulung tubuhnya pada saat bahaya

8. Mahluk hidup melakukan adaptasi, respirasi, reproduksi.
. Adaptasi : menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
. Respirasi : pernapasan
. Respirasi manusia : menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida ke udara
. Tanaman : mengambil karbon dioksida dari udara dan melepaskan oksigen ke udara
. Reproduksi : manusia melahirkan anaknya
. Reproduksi : burung dan ayam bertelur lalu telur menetas menjadi hewan penerus generasinya.

9. Berdasarkan warnanya ganggang dibedakan menjadi :
. Ganggang hijau / Chlorophyta. Contoh : Spirogyra, Chlamydonanas
. Ganggang coklat / Phaeophyceae. Contoh : Sargasum, Fucus, Laminaria.
. Ganggang merah / Rhodophyceae. Contoh : Euchema grasialis
. Ganggang pirang / Chrysophyceae. Contoh : Synendra

10. Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi :
. Jamur ganggang (Phycomycetes) : hifa tidak bersekat
Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
. Jamur sejati (Eumycetes) : hifa bersekat.
. Jamur sejati dibagi menjadi 3 :
a. Askomycetes / jamur tape. contoh Penicilium sp
b. Basidiomicetes. Contoh : jamur kuping, jamur merang, jamur kayu.
c. Deuteromisetes. Contoh : jamur oncom

11. Ciri - ciri tumbuhan berbiji:
. Mempunyai akar, batang, daun, dan bunga.

12. Tumbuhan berbiji dikelompokkan jadi dua:
. Tumbuhan berbiji terbuka / Gimnospermae contoh : melinjo, dan pakis haji
. Tumbuhan berbiji tertutup = Angiospermae contoh : mangga, rambutan

13. Angiospermae dibagi menjadi dua:
. Dikotil / berkeping dua
. Monokotil / berkeping satu

14. Ciri - ciri monokotil
. Tulang daun sejajar
. Batang tidak berkambium
. Akar  serabut
. Bagian - bagian bunga kelipatan tiga

15. Tumbuhan monokotil dikelompokkan menjadi 5 suku : 

H: 40

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...