Langsung ke konten utama

magnet kelas 9

Magnet kelas 9
Sumber: Cetak Erlangga

1. Bangsa yang pertama kali mengenal magnet (Yunani) sekitar tahun (600 SM), kata magnet berasal dari nama tempat ia ditemukan yaitu (Magnesia).
2. Bahan yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet disebut (Ferromagnetik) contohnya (besi, nikel, baja).
3. Bahan nonmagnetik dibagi menjadi dua yaitu
A. Paramagnetik : hanya sedikit ditarik oleh magnet kuat. Contoh (kayu, aluminium, platina).
B. Dia magnetik : bahan yang sedikit ditolak oleh magnet kuat. Contoh (emas, bismuth, merkuri)
4. Bahan - bahan magnetik dapat lagi digolongkan menjadi magnet (keras dan magnet lunak)
5. Magnet keras : sukar dijadikan magnet, setelah menjadi magnet akan menyimpan daya magnet dalam waktu yang lama.
Contoh bahan magnet keras : baja, alkomak, kobalt.
6. Magnet lunak : bahan yang mudah dijadikan magnet, tetapi tidak mampu menyimpan daya magnet dalam waktu yang lama. Contoh : besi
7. Sifat - sifat kemagnetan :
A. Magnet memiliki (dua) kutub, yaitu (kutub Utara) dan (kutub selatan), kutub Utara menunjuk ke arah (Utara bumi), kutub selatan menunjuk ke arah (selatan bumi)
B. Kutub senama / sejenis akan (tolak menolak) kutub tidak senama (tidak sejenis) akan tarik - menarik.
8. Bila magnet permanen dipotong, masing - masing potongan mempunyai (dua) kutub, yaitu (kutub Utara dan kutub selatan).
9. Cara membuat magnet :
A. Induksi : besi atau baja menjadi magnet karena berada di dekat magnet, tanpa menyentuh. Kutub magnet yang pertama berlawanan dengan kutub magnet yang kedua. Misal : kutub magnet pertama U maka kutub magnet kedua S.
B. Membuat magnet dengan cara mengalirkan arus listrik : magnet yang dihasilkan disebut (elektromagnet).
10. Untuk menentukan ujung mana yang kutub Utara dan ujung mana yang kutub selatan digunakan (kaidah) tangan kanan
Gambaran kaidah tangan kanan :
Bayangkan tangan kananmu menggenggam kumparan, hingga arah putaran keempat jari menunjukkan arah arus, arah ibu jari menunjukkan ke ujung yang menjadi kutub Utara.
11. Cara menghilangkan sifat kemagnetan:
Melalui pemanasan, pemukulan. Sehingga susunan molekul menjadi tidak teratur.
12. Medan magnetik : daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet.
13. Sifat - sifat gaya magnet :
A. Garis gaya magnet keluar dari kutub Utara dan masuk ke kutub selatan.
B. Garis gaya magnet tidak pernah berpotongan.
C. Tempat yang mempunyai garis gaya magnet rapat menunjukkan Medan magnet kuat.
D. Tempat yang mempunyai garis magnet renggang menunjukkan Medan magnet yang lemah.
14. Bumi kita merupakan magnet besar seperti magnet (batang).
A. Kutub Utara magnet bumi terletak dekat kutub selatan geografi.
B. Kutub selatan magnet bumi terletak dekat dengan kutub Utara geografi bumi.
C. Kutub magnet tidak berimpitan dengan kutub geografis.
D. Jarum kompas tidak akan menunjuk arah Utara dan Selatan yang sebenarnya.
E. Sudut yang dibentuk oleh jarum kompas dengan arah Utara - Selatan sebenarnya dinamakan sudut (Deklinasi).
F. Sudut yang dibentuk oleh Medan magnetik bumi dengan garis horizontal dinamakan sudut (inklinasi)
15. Percobaan Hans Christian Oersted (1777-1851) hasilnya :
A. Di sekitar kawat yang berarus listrik terdapat Medan magnetik.
B. Semakin jauh dari kawat berarus, semakin kecil kuat Medan magnetnya.
C. Semakin besar kuat arusnya, semakin kuat Medan magnetiknya.
16. Pada kawat lurus berarus listrik, bagaimana arah Medan magnetik atau gaya magnetiknya ?
A. Arah Medan magnetik / garis gaya magnet melingkar mengelilingi kawat, dan memenuhi aturan genggaman tangan kanan.
B. Bila kawat berarus listrik digenggam dengan tangan kanan, arah arus = arah ibu jari, maka arah Medan magnetik searah dengan arah genggaman jari yang lain.
17. Cara memperkuat Medan magnetik yang dihasilkan oleh kawat berarus
A. Kawat dililitkan membentuk kumpulan yang disebut (Solenoida).
B. Solenoida mempunyai sifat yang sama dengan magnet batang yang mempunyai kutub Utara dan kutub selatan.
C. Untuk menentukan ujung yang kutub Utara digunakan aturan genggaman (tangan kanan)

D. Jika solenoida digenggam dengan tangan kanan, maka ibu jari akan menunjukkkan ujung yang menjadi kutub (Utara)
18. Elektromagnet / magnet listrik :  kumparan yang disisipi inti
A. Peralatan yang menggunakan prinsip elektromagnet sebagai dasar untuk bekerja : bel listrik, relai, pesawat telpon.
B. Elektromagnet digunakan untuk : memperkuat Medan magnetik
19. Cara membuat elektromagnet :
A. Kumparan disisipi dengan inti yang lebih bersifat magnetik.
B. Memperbanyak lilitan kumparan.
C. Memperbesar arus listrik
20. Menyusul soal latihan ..
Soal latihan
1. Bangsa yg pertama kali mengenal magnet (--), sekitar tahun (--), kata magnet berasal dari kata (--), di mana magnet pertama kali ditemukan (--)
2. Bahan yg dpt ditarik dgn kuat oleh magnet disebut (--), contohnya (--)
3. Bahan non magnetik digolongkan menjadi dua yaitu (--) dan (--)
4. Ceritakan ttg paramagnetik dan diamagnetik, berikan contohnya masing2.
5. Bahan2 magnetik dpt digolongkan menjadi dua yaitu magnet (--) & magnet (--)
6. Apa yg kamu ketahui ttg magnet keras ? Berikan contohnya .
7. Apa yang kamu ketahui ttg magnet lunak ? Contohnya ?
8. Sifat 2 kemagnetan. Ceritakan ttg kutub2 magnet.
9. Apa yg terjadi, bila sebuah magnet permanen dipotong ?
10. Ada berapa cara membuat magnet, beri keterangan lengkap.
11. U/. Mengetahui mana yg kutub Utara, & mana yg kutub selatan, digunakan kaidah tangan, ceritakan ttg kaidah tangan.
12. Bagaimana cara menghilangkan sifat kemagnetan?
13. Apa yg kamu ketahui ttg Medan magnetik?
14. Ceritakan ttg sifat2 gaya magnet.
15. Ceritakan hubungan kutub2 bumi dgn magnet.
16. Apakah jarum kompas menunjukkan arah Utara dan Selatan yg sebenarnya?
17. Apa arti dari sudut inklinasi dan sudut Deklinasi?
18. Ceritakan ttg percobaan Oersted.
19. Ceritakan ttg gaya magnetik pada kawat berarus listrik.
20. Apa yang kamu ketahui bila kawat arus listrik digenggam dengan tangan kanan.
21. Bagaimana cara memperkuat Medan magnetik PD kawat berarus?
22. Apa yg kamu ketahui ttg elektromagnet.
23. Ceritakan ttg cara membuat ekektromagnet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...