Langsung ke konten utama

perkalian dan pembagian kelas 3 sd

Perkalian dan Pembagian Kelas 3 SD

For: Arwen. Cretia. Nindy. Aditya


A.   Perkalian 
1.   Perkalian sebagai penjumlahan berulang


    
     Ada 3 piring yang berisi jeruk. Setiap piring berisi 6 buah jeruk.
Banyak jeruk seluruhnya dapat dihitung dengan cara.
6 + 6 + 6 = 18
Bentuk 6 + 6 + 6 menunjukkan penjumlahan angka 6 sebanyak 3 kali
Jadi, 6 + 6 + 6 dapat ditulis menjadi perkalian 3 × 6 = 18.





Ibu mengemas buah jeruk dengan 4 kantong plastik. Tiap kantong plastik berisi 30 jeruk. Berapakah jumlah jeruk yang dikemas ibu? 
Untuk menjawab pertanyaan ini perhatikan gambar berikut!


Buah jeruk yang dikemas = 30 + 30 + 30 + 30 = 120
Penjumlahan lalu diubah ke perkalian menjadi:
30 + 30 + 30 + 30 = 4 x 30 = 120
Jadi, jumlah jeruk yang dikemas adalah 120 buah.

LATIHAN
Kerjakan soal berikut dengan cara yang telah dipelajari!

1.    4 x 25 = ....
2.    7 x 15 = ....
3.    5 x 26 = ....
4.    5 x 22 = ....
5.    8 x 13 = ....
6.    6 x 17 = ....
7.    6 x 18 = ....
8.    7 x 16 = ....
9.    4 x 31 = ....
10.   9 x 12 = ....


2.   Mengenal sifat-sifat dalam perkalian
a.  Sifat Pertukaran (Komutatif)
Meskipun letak kedua bilangan ditukar tempatnya, hasil perkalian tetap sama. Maka perkalian mempunyai sifat komutati atau pertukaran..
                                     3 × 5        =        5 × 3
                                       15          =          15
                        Jadi
                                     3× 5       =       5 × 3
LATIHAN

1.  22 x 5 = ... x 22 = ....
2.  11 x 12 = 12 x ... = 132
3.  36 x 2 = 2 x ... =....
4.  6 x ...= 110 x 6 = ....
5.  30 x 5 = 5 x ... = ....
6.  12 x ... = 13 x 12  = ....
7.  6 x 27 = 27 x ... = ....
8.  7 x 17 = ... x ... = 119
9.  10 x 15 = ... x 10 = ....
10. ... x 10 = 10 x ... = 180


b.  Sifat Pengelompokan (Asosiatif)
Menurut sifat pengelompokan pada perkalian, hasil perkalian akan tetap sama jika dikerjakan dari mana saja.
                                 (2 × 3) ×  5   =    2 × (3 × 5)
                                     6 × 5        =       2 × 15
                                       30          =          30
                        Jadi
(2 × 3) × 5 =   2 × (3 × 5)
LATIHAN

1.  (2 x 3) x 18 = 2 x (3 x ….)
2.  (6 x 8) x 3 = 6 x (..... x 3)
3.  (7 x 2) x 9 = ...... x (2 x 9)
4.  (6 x .....) x 5 = 6 x (6 x 5)
5.  (..... x 2) x 7 = 8 x (2 x 7)
6.  (10 x 2) x 7 = .... x (2 x 7)
7.  (2 x 6) x 5 = 2 x (...... x 5)
8.  7 x (8 x 10) = (7 x ....) x 10
9.  (10 x 10) x ..... = 10 x (10 x 2)
10. 4 x (9 x 3) = (4 x ......) x 3


c.  Sifat Penyebaran (Distributif)
Sifat ini digunakan untuk menguraikan suatu kalimat matematika.
                                3 × (10 +  5)   = (3 × 10) + (3 × 5)
                                     3 × 15       =      30 + 15
                                       45          =          45
    Jadi
            3 × (10 +  5) = (3 × 10) + (3 × 5)
LATIHAN

1.    13 x (8 + 7)  =  13 x 8) + (13 x ...)
2.    8 x (10 + 7)  =  (8 x...) + (...x 7)
3.    16 x (7 + 3)  =  (...x 7) + (...x 3)
4.    18 x (5 + 6)  =  (18 x...) + (18 x...)
5.    12 x (...+...) =  (12 x 2) + (12 x 8)
6.    13 x (7 + 2)  =  (13 x 7) + (13 x 2)
  13 x ...      =  ... + ...
........         = ........
7.    5 x (20 + 6)  =  (...x 20) + (...x 6)
   5 x ...       =  ... + ...
                  =  ...
8.    ... x (15 + 5) =  (30 x 15) + (...x 5)
  ... x 20      =  ... + ...
     ...         =  ...
9.    30 x (15 + 2) =  (...x 15) + (30 x...)
  30 x ...      =  ... + ...
     ...         = ...
10.   7 x (32 + 8)  =  (...x 32) + (...x 8)
   7 x ...       = ... + ...
     ...         = ...


3.   Menyelesaikan perkalian dengan cara mendatar, bersusun panjang, bersusun pendek
  1. Cara Mendatar
Contoh:
6 x 35 = 6 x (30 + 5)
= (6 x 30) + (6 x 5)
= 180 + 30
= 210
Jadi, 6 x 35 = 210
         

LATIHAN
Kerjakan perkalian berikut dengan cara mendatar!


1.  5 x 56    = 5 x (... + 6)
            = (5 x ...) + (5 x 6)
            = ... + ...
            = ...
2.  6 x 36    = ... x (30 + ...)
            = (... x 30) + (... x ...)
            = ... + ...
            = ...
3.  7 x 28    = 7 x (... + 8)
            = (7 x ...) + (7 x 8)
            = ... + ...
            = ...
4.  53 x 6    = (50 + 3) x 6
            = (50 x ...) + (... x 6)
            = ... + ...
            = ...
5.  77 x 2    = (... + 7) x 2
            = (... x 2) + (7 x 2)
            = ... + ...
            = ...
6.  6 x 65    = 6 x (... + ...)
            = (6 x ...) + (6 x ...)
            = ... + ...
            = ...
7.  64 x 8    = (60 + ...) x 8
            = (5 x ...) + (5 x 6)
            = ... + ...
            = ...
8.  8 x 72    = 8 x (70 + 2)
            = (... x 70) + (... x 2)
            = ... + ...
            = ...
9.  10 x 71  = 10 x (... + ...)
            = (10 x ...) + (10 x ...)
            = ... + ...
            = ...
10. 66 x 7    = (... + ...) x 7
            = (... x 7) + (... x 7)
            = ... + ...
            = ...

  1. Cara Bersusun Panjang
Contoh: 6 x 35 = ....
                          35
                       6 x
                     30
                   180 +
                   210
    • Kalikan 6 dengan satuan 5, (5 x 6) = 30, langsung tulis 30.
    • Kalikan 6 dengan puluhan 3, (30 x 6) = 180, langsung tulis 180
    • Jumlahkan 30 + 180 = 210
    • Jadi, 6 x 35 = 210

LATIHAN
Kerjakan perkalian berikut dengan cara susun panjang!


1.    54 x 10 = ....
2.    75 x 9 = ....
3.    22 x 9 = ....
4.    8 x 62 = ....
5.    7 x 81 = ....
6.    57 x 8 = ....
7.    12 x 14 = ....
8.    66 x 10 = ....
9.    9 x 88 = ....
10.   39 x 6 = ....

  1. Cara Bersusun Pendek
Contoh: 6 x 35 = ....
                          35
                           6 x
                        210
·         5 x 6 = 30 (tulis 0 simpan 3 pada puluhan).
·         3 x 6 = 18 (Tambahkan dengan 3 yang sebelumnya disimpan menjadi 21, langsung tulis 21).
LATIHAN
Kerjakan perkalian berikut dengan cara susun pendek!

1.    26  ×  7 = ….
2.    6  ×  89 = ….
3.    38  ×  8 = ….
4.    7  ×  84 = ….
5.    45  ×  9 = ….
6.    8  ×  72 = ….
7.    76  ×  6 = ….
8.    8  ×  81 = ….
9.    75  ×  8 = ….
10.   9  ×  99 = ….


B.   Pembagian
1.   Pembagian sebagai pengurangan berulang
Pembagian dapat dilakukan dengan cara pengurangan berulang, sampai sisanya 0.
Misalnya:
1.    102 : 17, pengulangn berulangnya 120 – 17 – 17 – 17 – 17 – 17 – 17 = 0
Ada 6 kali pengurangan berulang dengan 17. Jadi, 102 : 17 = 6
2.    105 : 21, pengulangan berulangnya 105 – 21 – 21 – 21 – 21 – 21 = 0
Ada 5 kali pengurangan berulang dengan 21. Jadi, 100 : 21= 5

LATIHAN
Selesaikan pembagian berikut dengan pengurangan berulang!

1.    120 : 30 = ....   
2.    120 : 40 = ....   
3.    108 : 27 = ....   
4.    105 : 15 = ....   
5.    102 : 34 = ....   
6.    125 : 25 = ....
7.    108 : 18 = ....
8.    104 : 13 = ....
9.    104 : 26 = ....
10.   130 : 15 = ....


2.   Hubungan Perkalian dan Pembagian
5 x 3 = 15                 15 : 5 = 3
                               15 : 3 = 5
54 x 7 = 378              378 : 7 = 54
       378 : 54 = 7

LATIHAN
Tuliskan hubungan antara perkalian dan pembagian berikut!
1.  8 x 62 = 496        496 : 62 = ....
                               496 : 8 = ....
2.  7 x 25 = 175        175 : 25 = ....
                               175 : 7 = ....
3.  21 x 6 = 126         126 : 6 = ....
                             126 : ... = 6
4.  53 : 7 = 371           ... : 7 = ....
                             371 : ... = ....
5.  8 x 24 = ....         ... : 24 = ....
                                ... : 8 = ....
6.  37 x 7 = ....         259 : 7 = ....
                              ... : 37 = 7
7.  5 x 66 = ....        ... : 66 = ....
                               ... : 5 = ....
8.  6 x 78 = 468       468 : 78 = ....
                             ... : ... = ....
9.  92 x 4 = 368          ... : 4 = ....
                              ... : 92 = ....
10. 3 x 29 = ....          ... : 3 = ....
                               ... : 29 = ....


3.   Menyelesaikan pembagian dengan susun panjang


100 : 5 = 20
20 x 5 = 100
125 – 100 = 25; 25 : 5 = 5
5 x 5 = 25
25 – 25 = 0



LATIHAN 
Selesaikan pembagian berikut dengan cara susun panjang!

1.      612 : 3 = ....
2.      872 : 4 = ....
3.      725 : 5 = ....
4.      696 : 6 = ....
5.      810 : 2 = ....
6.      516 : 4 = ....
7.      837 : 9 = ....
8.      728 : 8 = ....
9.      605 : 5 = ....
10.    875 : 7 = ....

4.   Menyelesaikan pembagian dengan susun pendek 



Ratusannya 4, (4 : 4) = 1, tulis di atas
1 x 4 = 4, tulis di bawah angka 4 (ratusan) dan kurangkan
Turunkan angka 8, (8 : 4) = 2 tulis di atas
2 x 4 = 8, tulis di bawah angka 8 (puluhan) dan kurangkan
 Turunkan angka 8, (8 : 4) = 2 tulis diatas.
2 x 4 = 8, tulis di bawah angka 8 (satuan) dan kurangkan
 8 – 8 = 0, pembagian selesai.
Jadi, 488 : 4 = 122



LATIHAN
Selesaikan pembagian berikut dengan cara susun pendek!

1.      696 : 3 = ....
2.      285 : 3 = ....
3.      346 : 2 = ....
4.      378 : 7 = ....
5.      456 : 6 = ....
6.      520 : 5 = ....
7.      315 : 3 = ....
8.      616 : 4 = ....
9.      791 : 7 = ....
10.    416 : 4 = ....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...