Langsung ke konten utama

pemfaktoran aljabar

Pemfaktoran aljabar

Soal No. 1
Faktorkan bentuk-bentuk berikut:
a) 25x + 20y
b) 2mn − 8m
c) 15xy2 + 10x2y
d) 6ab2c3 − 18 a3c2
e) 4xy2z3 + 6x2y3z2  + 12x3yz2
f) 4xy2z3 + 6x2y3z2

Pembahasan
Soal-soal di atas merupakan  tipe distributif, cara pemfaktorannya tinggal diringkas saja:
a) 25x + 20y
= 5(5x + 4y)

b) 2mn − 8m
= 2m(n − 4)

c) 15xy2 + 10x2y
= 5xy (3y + 2x)

d) 6ab2c3 − 18 a3c2
= 6ac2 (b2c + 3a2)
e) 4xy2z3 + 6x2y3z2  + 12x3yz2
= 2xyz (2yz2 + 3xy2z + 6x2z)
f) 4xy2z3 +  12x3yz2
= 2xyz (2yz2  + 6x2z)
Soal No. 2
Faktorkan:
a) 52 − x2
b) a2 − 22
c) a2 − 9
d) 4x2 − 9
e) 16x2 − 9y2
f) 16x8 − 9y4

Pembahasan
Pemfaktoran dari soal-soal diatas menggunakan rumus selisih kuadrat sebagai berikut:
a2 − b2 = (a + b)(a − b)

atau
x2 − y2 = (x + y)(x − y)

a) 52 − x2
= (5 + x)(5 − x)

b) a2 − 22
= (a + 2)(a − 2)

c) a2 − 9
= a2 − 32
= (a + 3)(a − 3)

d) 4x2 − 9
= (2x)2 − (3)2
= (2x + 3)(2x − 3)

e) 16x2 − 9y2
= (4x)2 − (3y)2
= (4x + 3y)(4x − 3y)

f) 16x8 − 9y4

= (4x4 )2 − (3y2 )2
= (4x4+ 3y2)(4x4 − 3y2)
Soal No. 3
Faktor dari 49p2 − 64q2 adalah....
A. (7p − 8q)(7p − 8q)
B. (7p + 16q)(7p − 4q)
C. (7p + 8q)(7p − 8q)
D. (7p + 4q)(7p − 16q)
(Pemfaktoran aljabar - un mtk smp 2012)

Pembahasan
Dari contoh sebelumnya di atas,



Soal No.4
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(i) 3x2 + 12x = 3x(x + 4)
(ii) 25x2 − 36 = (5x + 9)(5x − 4)
(iii) x2 − 2x − 35 = (x + 5)(x − 7)
(iv) 2x2 − x − 6 = (2x − 3)(x + 2)

Pernyataan yang benar adalah....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (ii) dan (iv)
(Pemfaktoran bentuk aljabar - un smp 2013)
Pembahasan
Lakukan pemeriksaan mana yang tidak cocok:



Soal No. 5
Faktorkan bentuk-bentuk aljabar berikut ini:
a) x2 + 18x + 9
b) 16x2 + 16x + 4
c) 4x2 + 12xy + 9y2

Pembahasan
Soal nomor 3 pemfaktoran bentuk berikut:
a2 + 2ab + b2 = (a + b)(a + b)

atau
x2 + 2xy + y2 = (x + y)(x + y)

a) x2 + 6x + 9
= x2 + 6x + 32
  /      /      /
a     2ab    b
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Check apakah 2ab = 6x (suku tengahnya)
2ab = 2(x)(3) = 6x → cocok → rumus di atas bisa dipakai.

Demikian seterusnya untuk chek bisa tidaknya rumus di atas digunakan, jika tidak cocok pemfaktoran dilakukan dengan metode lain.
----------------------------------------------------------------------------------------------
= (x + 3)(x + 3)

b) 16x2 + 16x + 4
= (4x)2 + 16x + (2)2  → Cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
    /          /       /
  a         2ab     b
= (4x + 2)(4x + 2)

c) 4x2 + 12xy + 9y2
= (2x)2 + 12xy + (3y)2 → Cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
     /        /           /
    a       2ab         b

= (2x + 3y)(2x + 3y)

Soal No. 6
Faktorkan bentuk-bentuk aljabar berikut ini:
a) x2 − 10x + 25
b) p2 − 16 p + 64
c) 16x2 − 40x + 25
d) 16x2 − 20xy + 25y2

Pembahasan
Bentuk umum:
a2 − 2ab + b2 = (a − b)(a − b)
atau
x2 − 2xy + y2 = (x − y)(x − y)

a) x2 − 10x + 25
= x2 − 2(x)(5) + 52  → cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
   /          /        /
  a       2ab       b
= (x − 5)(x − 5)

b) p2 − 16 p + 64
= p2 − 2(p)(8) + 82 → cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
  /           /        /
a          2ab      b

= (p − 8)(p − 8)

c) 16x2 − 40x + 25
= (4x)2 − 2(4x)(5) + 52 → Cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
     /            /          /
   a         2ab          b

=(4x − 5)(4x − 5)

d) 16x2 − 40xy + 25y2
= (4x)2 − 2(4x)(5y) + (5y)2 → Cocok dengan pola rumus, bisa dilanjutkan.
    /              /             /
  a             2ab           b

= (4x − 5y)(4x − 5y)

Soal No. 7
Faktorkan bentuk-bentuk aljabar berikut:
a) x2 + 7x + 12
b) x2 + 2x − 48

Pembahasan
Bentuk umum persamaan diatas:
a x2 + bx + c
dengan a = 1

Berikut cara pemfaktoran bentuk kuadrat untuk a = 1:
a) x2 + 7x + 12
a = 1, b = 7 dan c = 12

ac = (1)(12) = 12,  b = 7

Cari dua buah angka jika dikali = 12, jika ditambah = 7


Didapat angka 4 dan 3

Sehingga:
x2 + 7x + 12 = (x + 4)(x + 3)

b) x2 + 2x − 48
a = 1, b = 2 dan c = − 48

ac = − 48,        b = 2
Cari dua angka jika dikali − 48 jika dijumlah 2


Dapat angka 8 dan − 6
Sehingga :
x2 + 2x − 48 = (x + 8)(x − 6)

Soal No. 8
Faktorkan bentuk kuadrat berikut:
a) 2x2 + x −6
b) 5x2 + 3x − 2

Pembahasan
a) 2x2 + x −6
a = 2, b = 1 dan c = − 6

ac = (2)(−6) = −12
b = 1
Cari dua angka jika dikali = -12, jika dijumlah = 1

dapat angka 4 dan − 3
                     
                           (2x + 4)(2x − 3)
2x2 + x − 6 = ______________________ = (x + 2)(2x − 3)
                                      2

b) 5x2 + 3x − 2
a = 5, b = 3 dan c = − 2

ac = (5)(−2) = − 10
b = 3

Cari angka jika dikali = − 10, jika dijumlah = 3

dapat angka 5 dan − 2

                           (5x + 5)(5x − 2)
5x2 + 3x − 2 = _____________________ = (x + 1)(5x − 2)
                                  5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...