Langsung ke konten utama

cara mengajarkan perkalian ke anak

Cara mengajarkan perkalian kepada anak
1. Ajarilah dasar perkalian terlebih dahulu
Ketika mengajar, Anda harus menjelaskan beberapa fakta mengenai perkalian sebelum mulai membahas tabel perkaliannya. Ingat, anak Anda tidak menghitung tabel perkalian, tetapi menghafalkannya. Walaupun begitu, mereka juga perlu tahu konsep dasar dari perkalian.
Jika anak Anda tidak terbiasa dengan perkalian, coba jelaskan dalam bentuk penjumlahan, misalnya 4×3 adalah 4+4+4. Minta anak Anda membawa buku matematika dan segala sumber pelajaran mereka. Dengan begitu Anda tahu apa saja yang sudah mereka pelajari di sekolah dan bagaimana cara mereka diajari di sana.
Siapkan grafik angka yang memperlihatkan angka 0 sampai 100. Grafik ini akan memberitahu Anda jawaban sebuah perkalian dengan menghubungkan baris dan kolomnya. Selain itu, menenmukan angka pada grafik ini jauh lebih mudah.
Jika Anda menggunakan garis angka, Anda mungkin harus berusaha lebih keras. Anda bisa meminta anak Anda melingkari angka yang merupakan jawaban sebuah perkalian dengan pensil. Dia juga bisa menulis perkaliannya di samping angka tersebut, dan memberi variasi warna pada lingkarannya sesuai dengan perkaliannya (misal merah untuk perkalian 4).
2. Jelaskan bagaimana sifat komutatif akan mempermudah semuanya
Perlihatkan pada anak Anda bahwa banyak jawaban dari perkalian yang diulang. Jadi, mereka sebenarnya hanya perlu mempelajari setengah dari tabel perkalian tersebut. 3×7 hasilnya sama dengan 7×3.
Lakukan perlahan. Setelah anak Anda menguasai perkalian nol sampai tiga, lanjutkan ke perkalian empat sampai tujuh, lalu delapan sampai 10. Jika ingin, coba juga pelajari perkalian 11 dan 12. Beberapa guru bisa saja memasukkan soal yang lebih sulit untuk bonus atau mengukur kemampuan sang anak.
3. Jelaskan pola-pola khusus pada tiap perkalian
Anak Anda tidak harus menghafal buta semua perkalian. Beberapa perkalian punya karakteristik khusus yang bisa mereka ingat dengan mudah. Berikut beberapa pola yang ada:
  • Semua hasil perkalian 10 diakhiri dengan angka nol.
  • Semua hasil perkalian lima diakhiri dengan angka lima atau nol, dan selalu bernilai setengah dari perkalian 10 (10×5=50, berarti 5×5=25, atau setengah dari 50).
  • Hasil perkalian nol selalu nol.
4. Jelaskan cara cepatnya
Matematika punya banyak cara cepat. Ajari anak Anda cara-cara cepat ini untuk membuat mereka kagum dan bisa mengingat dengan mudah.
  • Untuk perkalian sembilan, letakkan kedua tangan Anda di meja dengan jari terbuka. Untuk 9×1, tutup jari kelingking kiri Anda, dan tangan Anda akan memperlihatkan angka sembilan. Untuk 9×2, buka kembali jari kelingking Anda dan tutup jari manis kiri Anda. Tangan Anda akan memperlihatkan angka satu dan delapan, yang jika disatukan berarti 18. Begitu seterusnya sampai 9×10.
  • Jika anak Anda pintar dalam menggandakan angka, maka dia pasti bisa mengerjakan perkalian empat dengan mudah. Cukup gandakan saja angkanya dua kali, misalnya 6×4, gandakan enam yang berarti 12,dan gandakan sekali lagi, dan Anda akan mendapatkan 24.
  • Untuk perkalian 11, cukup tulis angkanya dua kali, misalnya 3×11=33, 4×11=44, dan seterusnya.
    • Untuk perkalian 11 yang dikalikan angka yang lebih dari sembilan, ambil angka pengalinya, jumlahkan angka tersebut, lalu sisipkan di tengahnya. Misalkan pada 11×17, ambil angka 17, jumlahkan 1+7 yang berarti 8, lalu masukkan di tengah, yang berarti 187.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...