Langsung ke konten utama

Sumber sekolah dasar net

Mengajar dengan Memahami Kemampuan dan Kebiasaan Anak Untuk anak SD sendiri, kemampuan memahami materi yang diajarkan tidaklah sama dengan anak SMP dan SMA. Sebagai pengajar, dituntut untuk memiliki kemampuan psikologi dalam mengukur kemampuan setiap anak saat belajar. Usia anak SD rata-rata 6-11 tahun. Di usia tersebut, anak lebih suka bermain dibandingkan belajar. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas yang membuatnya lebih senang. Tentunya, guru harus tahu, bagaimana cara paling tepat menerapkan metode dalam mengajar Matematika. Berikut 5 tips mengajar Matematika untuk siswa SD. 1. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan BACA JUGA 7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas Tips Supaya Siswa Cepat Mengerjakan Soal Cerita Pelajaran Matematika Soal Ulangan K-13 Matematika Kelas 6 Materi Pokok Bilangan Bulat Sebagai guru harus memiliki kemampuan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Ajukan beberapa pertanyaan yang sifatnya humoris. Saat Anda berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa, ini akan menumbuhkan minat belajar Matematika siswa yang kuat dan berpotensi pada tingkat pemahamannya lebih maksimal. 2. Beritahu Anak Manfaat dan Tujuan Belajar Matematika Selain strategi yang pertama, untuk menumbuhkan minat dan semangat belajar anak, guru perlu memberitahu manfaat dan tujuan belajar ilmu Matematika. Sehingga, akan muncul pada prinsip anak, bahwa pelajaran Matematika sangat penting untuk meningkatkan prestasinya dan bermanfaat untuk kehidupannya di masa yang akan datang. 3. Menguasai Ilmu Matematika Secara Keseluruhan Tips mengajar matematika yang ketiga, yaitu guru wajib menguasai ilmu matematika secara keseluruhan. Anda bisa mempelajarinya lewat membaca, mengkaji ulang ilmu yang sudah Anda pelajari sebelumnya, dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan yang dipelajari anak di sekolah. Dengan begitu, Anda akan mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukannya. Alhasil, anak akan dapat memahami materi yang Anda ajarkan dengan lebih cepat. 4. Pancing Anak Belajar Interaktif Mengajar matematika untuk siswa Sekolah Dasar, tidak seharusnya Guru bicara terus menerus, dan anak cuma mendengarkannya saja. Akan tetapi, Anda perlu menciptakan proses belajar megajar secara interaktif. Pancing siswa untuk selalu bertanya, ketika ia tidak memahami pelajaran yang diterimanya. Meskipun hal kecil yang ditanyakan, Anda harus menjawabnya secara perlahan, sampai anak benar-benar mengerti. Cara ini akan membuat anak tidak bosan saat belajar dan dapat meningkatkan pandangan positif, ternyata belajar Matematika itu mudah dan menyenangkan. 5. Biasakan Menghargai Usaha Anak saat Belajar Sebagai guru yang mengajar Matematika untuk anak SD, Anda harus benar-benar sabar menghadapinya dan tetap berikan motivasi agar semangat belajarnya tidak menurun. Bahkan, saat ia mampu menjawab atau berhasil menyelesaikan soal yang Anda berikan, apapun hasilnya, Anda harus tetap mengakui dan menghargai usahanya tersebut. Cara ini mampu menumbuhkan mentalitas belajar anak, ketika ia tidak mampu sepenuhnya memahami materi yang diajarkan. Penerapan 5 tips mengajar matematika untuk anak SD ini, tidak lain untuk melatih siswa supaya tetap semangat belajar. Juga untuk membantah opini bahwa pelajaran Matematika itu sulit dan membosankan. Sekaligus melatih kemampuan mentalitasnya agar tetap percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. #Guru SD #Matematika SD #Pedagogik BAGIKAN Komentar 0 BERITA TERKAIT Soal Ulangan K-13 Matematika Kelas 6 Materi Pokok Bilangan Bulat Soal Olimpiade Matematika Kelas 3 dan 4 SD Plus Kunci Jawabannya Soal Seleksi OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan Soal Ulangan Matematika Kelas 6 Semester 1 K-13 Soal Penilaian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 5 K-13 Tips Bagi Orangtua Agar Anak Suka Matematika POPULER Soal Ulangan Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Soal Ulangan Kelas 1 Tema 1 - Diriku K13 Soal Ulangan Semester 1 Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Soal Ulangan Kelas 3 K-13 Tema 1 Subtema 3 dan 4 Soal Ulangan Kelas 4 Tema 5 Pahlawanku Kumpulan Soal Ulangan (Penilaian) Kelas 4 Semester 1 K-13 Tips Bagi Pelamar CPNS Formasi Guru SD Agar Lolos Tes CPNS Soal Ulangan K13 Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Soal Ulangan K13 Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Mendikbud Ingin Menyederhanakan Tugas Administrasi Guru Soal Ulangan Semester 1 Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup « KEMBALILANJUT » Copyright © 2019 SekolahDasar.Net TOP 606 SHARES

Sumber: https://www.sekolahdasar.net/2019/10/5-tips-mengajar-matematika-untuk-anak.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...