Langsung ke konten utama

Tips cara belajar yang baik

Tips Cara Belajar yang Baik, Efektif, dan Efisien

Sobat, tinggal hitungan jari lagi liburan sekolah usai. Para siswa akan mulai masuk pada tahun pelajaran baru, yaitu tahun pelajaran 2013/2014. Ibarat sebuah perjalanan, saat ini peserta didik akan mulai berangkat. Pastinya dengan persiapan, bekal, dan harapan yang tinggi bahwa perjalanannya nanti akan menyenangkan dan pulang dengan perasaan yang puas.

Dalam hal ini, tentu siswa ingin mendapatkan ilmu yang banyak, bermanfaat, dan bisa lulus dengan memuaskan. lebih-lebih mendapatkan prestasi yang membanggakan. Untuk itu, berikut saya paparkan Tips Cara Belajar yang Baik, efektif, dan efisien kutipan dari buku Power Full in Education.

Yang pertama dan paling utama tanamkan rasa senang belajar!
Tumbuhkan di hati bahwa belajar adalah sesuatu yang menyegarkan. Hadapi dengan penuh keceriaan dan hati bahagia. Aktivitas apapun jika dikerjakan dengan hati senang hasilnya akan memuaskan.

Konsentrasi penuh
Usahakan untuk berkonsentrasi penuh saat guru mengajar dalam kelas.

Membuat catatan sendiri
Menulis kembali pelajaran yang telah diajarkan juga akan membantu, karena sama juga dengan membaca.

Baca ulang dan buat kesimpulan sendiri
Setelah membaca ulang pelajaran, cobalah buat kesimpulan dengan kalimatmu sendiri. Ini akan membantu agar materi tersebut membekas tajam dalam memorimu.

Ulangi kembali pelajaran yang didapat!
Setelah di rumah, baca kembali pelajaran yang telah kamu dapatkan di sekolah. Baca juga pelajaran yang akan diajarkan esok hari secara singkat, buat kerangkanya saja. Begitu pelajaran itu diterangkan esoknya, kamu sudah mempunyai gambaran. Dan sepulang sekolah kamu tinggal mengulang untuk bikin kesimpulan atau ringkasan saja

Mengajari teman
Mengulang pelajaran tidak harus membaca atau menulis ulang pelajaran tapi bisa juga dengan mengajari teman tentang materi yang baru saja diulang. Jangan ragu atau pelit berbagi ilmu dengan teman! Ingat, ilmu itu semakin dibagi akan semakin bertambah.

Menurut penelitian, kita akan mengingat 5% dari yang kita dengar, 10% dari yang kita baca, 20% dari yang kita dengar dan baca, 30% dari yang diperagakan, 50% dari diskusi kelompok, 75% dari yang kita latihan/praktek, 90% dari yang kita ajarkan. Jadi berlomba-lombalah untuk lebih duluan belajar, sehingga bisa mengajari teman. Selain itu, ilmu yang kita ajarkan akan bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Jangan belajar mendadak!
Hindari belajar mendadak sebelum ulangan karena kurang efektif.

Buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran!
Jangan lupa untuk selalu membuat ringksan atau kesimpulan pada setiap pelajaran. Kalau perlu, pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

Istirahat yang cukup
Badan yang capek akan tidak baik bagi otak kita. Selain itu, konsentrai juga akan sulit tercapai. Bagilah waktu belajar, bermain, dan istirahat secara seimbang! Yang terpenting, hindari begadang karena dampaknya kurang baik bagi kesehatan.

Menghafal menjelang tidur
Jika kamu ingin menghafal, misalnya UUD dan semacamnya, sebaiknya dilakukan menjelang tidur. Karena disaat tersebut kamu akan lebih mudah ingat akan sesuatu yang kamu pelajari saat bangun pagi harinya. Usahakan tidur dalam kondisi remang (dengan pencahayaan sedikit), sehingga otak kita juga ikut sitirahat.

Belajar kelompok
Belajar kelompok akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

Selalu disiplin dan tekun belajar
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau dilakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar yang sangat lama oada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

Bersungguh-sungguh dan berdo’a
Mau berusaha dan bekerja keras. Hal ini mutlak diperlukan, karena semuanya butuh disiplin dan tekad yang kuat untuk menjadi lebih baik. Serta yang paling utama adalah berdo’a hanya kepada yang Maha menentukan. Maka selalu berdo’alah dengan khusu’ agar diberi kemudahan.

Bagi yang sudah mau ujian, jangan takut atau cemas
Apakah kamu sudah mau ujian tapi merasa belum siap? Jangan takut atau cemas, kesempatan akan selalu ada jika kita pandai mengambilnya. Belajar dari sekarang belum terlambat, karena sesuatu yang terlambat sebenarnya sesuatu yang tidak pernah dimulai. Jadi mulai dari sekarang, belajarlah yang baik, karena jka kita berniat sungguh-sungguh, berusaha keras dan berdo’a dengan khusu’ maka impian kita akan jadi kenyataan.

Demikian Tips Cara Belajar yang Baik, efektif, dan efisien yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...