Langsung ke konten utama

Tematik SD kelas 3 tema 6

Tematik SD kelas 3 tema 6

Oleh: Adit dan Nindy
Dari : SDN VII

1. Biogas kakak dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam.
Bila mulai memasak 12.15.
Pukul berapa biogas akan habis ?

Mulai memasak + lama memasak
12.15 + 10.00 = 22.15

Jadi, biogas akan habis pukul 22.15

2. Panjang = 5 korek
Lebar = 3 korek
Keliling = (..) korek

Keliling = 2 x (p + l)
Kell = 2 x (5+3)
Kell = 2 x 8 = 16 korek

3. Tinggi = 5 satuan
Lebar = 4 satuan
Luas = (tinggi x lebar)
Luas = (5 x 4) satuan
Luas = 20 satuan

4. Panjang = 6 kotak
Tinggi = 5 kotak
Luas = (6×5) kotak
Luas = 30 kotak

5. Panjang = 9 kotak
Tinggi = 9 kotak
Luas = panjang x tinggi
Luas = (9×9) kotak
Luas = 81 kotak

6. Panjang = 9 kotak
Tinggi = 5 kotak
Luas = panjang x tinggi
Luas = 9 kotak x 5 kotak
Luas = 45 kotak

7. Kelompok Edo ada 5 orang, 1 orang bawa 1 briket, 1 briket untuk memasak 1 jam, Berapa lama briket kelompok Edo dapat digunakan ?

1 orang bawa 1 briket.
Kelompok Edo ada 5 orang, bawa 5 x 1 briket = 5 briket

1 briket untuk 1 jam.
Jadi, 5 briket untuk = 5 x 1 jam = 5 jam

8. Biogas ibu dapat memasak selama 8 jam, setiap hari ibu memasak 4 jam, berapa hari biogas ibu dapat digunakan ?

Setiap hari memasak 4 jam.
Bila biogas dapat digunakan selama 8 jam.

8 jam = 4 jam x n
n = 2 hari

Jadi, biogas ibu dapat digunakan selama 2 hari.

9. Memasak nasi goreng 05.30 - 05.45.
roti panggang dan susu 05.55 sudah siap di meja, mana yang lebih lama menyiapkannya ?

Nasi goreng
05.45 - 05.30
= 00.15
= 15 menit

Roti panggang dan susu
05.55 - 05.45 = 00.10
= 10 menit

Yang memburuhkan waktu lebih lama dalam menyiapkannya adalah nasi goreng yaitu 15 menit.

10. Siti mulai memasak 14.30 menggunakan briket, 1 briket untuk 2 jam. Briket akan habis pada pukul berapa ?

14.30 + 02.00 = 16.30

11. Udin menggunakan 2 briket untuk memasak, tiap briket untuk 2 jam memasak.

Mulai memasak pukul 10.00.
Briket akan habis pukul berapa ?

1 briket untuk 2 jam
2 briket untuk 2 x 2 jam = 4 jam

Briket akan habis pukul = 10.00 + 04.00
= 14.00

12. Dalam 1 tahun ada 12 bulan
Dalam 2 tahun ada = 2 x 12 bulan = 24 bulan
Dalam 3 tahun ada = 3 x 12 bulan = 36 bulan
Dalam 4 tahun ada = 4 x 12 bulan = 48 bulan
Dalam 5 tahun ada = 5 x 12 bulan = 60 bulan

13. Dalam 1 minggu ada 7 hari
Dalam 2 minggu ada = 2 x 7 hari = 14 hari
Dalam 3 minggu ada = 3 x 7 hari = 21 hari
Dalan 4 minggu ada = 4 x 7 hari = 28 hari
Dalam 5 minggu ada = 5 x 7 hari = 35 hari

14. Bulan Agustus ada 31 hari
31 hari = 28 hari + 3 hari
31 hari = 4 minggu 3 hari

15. Bulan Januari ada 31 hari
Januari = 28 hari + 3 hari
31 hari = 4 minggu 3 hari

16. Bulan September ada 30 hari
30 hari = 28 hari + 2 hari
30 hari = 4 minggu 2 hari

17. Bulan Maret ada 31 hari
Maret = 28 hari + 3 hari
31 hari = 4 minggu 3 hari

18. Bulan Nopember ada 30 hari
30 hari = 28 hari + 2 hari
30 hari = 4 minggu 2 hari

19. Mulai belajar 07.00
Selesai belajar 12.00
Lamanya belajar
= 12.00 - 07.00
= 5 jam

20. Pukul 15.00 = jam (..) sore
15.00 - 12.00
= 3 sore

21. Mulai belajar 19.00
Selesai belajar 21.00
Lamanya belajar
= 21.00 - 19.00
= 2 jam

22. Dari pukul 3 sore, siti belajar hingga pukul 5 sore, lamanya siti belajar ? Jam

5 - 3 = 2 jam

23.

Akan dilanjutkan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...