Langsung ke konten utama

latihan bahasa inggris dengan jawaban

Latihan bahasa Inggris dan jawaban

Ini Contoh Soal UN SMP Bahasa Inggris Kelas 9 Beserta Kunci Jawabannya!

Ini Contoh Soal UN SMP Bahasa Inggris Kelas 9 Beserta Kunci Jawabannya!
Quipperian! Soal-soal Bahasa Inggris UN SMP dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Sekarang ini, soal telah diformat full reading. Tidak ada satu soalpun yang mengacu pada language focus, grammar maupun expressions.
Kini, tidak dijumpai soal grammarpokok bahasan ‘tenses’ atau pokok bahasan ‘elliptical sentences’ atau juga pokok bahasan ‘Expressions.’ Sehingga timbul pertanyaan: dengan bentuk soal full reading, apakah bisa merepresentasikan hasil pembelajaran di sekolah?
Mata pelajaran Bahasa Inggris, pada dasarnya, diarahkan untuk mengembangkan keterampilan listening, speaking, reading dan writing agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi (literacy) tertentu.

Pemahaman Dasar-dasar Bahasa Inggris Pada Soal

Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan.
Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk.
Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemicorang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells, 1987).
Secara garis besar, pembelajaran Bahasa Inggris menekankan pada receptive dan productive abilities(kemampuan menerima dan memroduksi). Kemampuan receptivemeliputi Listening dan Reading Skills, sedangkan kemampuan Productivemeliputi Speaking dan Writing Skills.
Berdasarkan hal tersebut, maka jenis soal Bahasa Inggris tahun sebelumnya misal tahun 2009, lebih banyak menekankan pada receptive ability dan kurang mengakomodir productive ability.
Sebagai contoh, sangat disayangkan hilangnya soal expressions dalam bentuk dialog. Soal-soal dialog yang merupakan perwujudan Question and Responses, sangat menstimulus kemampuan produktif siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

Ujian Praktik UN SMP Perlu Disiasati

Banyak juga yang berpendapat bahwa untuk soal dengan muatan productive ability, diwujudkan dalam ujian praktik. Masalahnya, Ujian Praktik yang diselenggarakan oleh sekolah, hanyalah sekadar pelengkap dari formalitas belaka.
Belum pernah terdengar ada siswa tidak lulus gara-gara nilai Ujian Praktik. Bahkan malah ada sekolah yang tidak menyelenggarakan Ujian Praktek untuk mapel yang telah diuji-teorikan (harus memilih Ujian teori/ujian praktek, jika sudah ujian teori berarti tidak ada ujian praktek atau sebaliknya).

Anak SMP? Ketahui Manfaat Ikut Bimbel Online!

Metode Menjawab Soal UN SMP

Creative, Accurate and Quick(CrAQu) merupakan metode penyelesaian soal dengan cara cepat, kreatif, dan akurat/tepat. Cara ini berhubungan dengan Tata Bahasa (Grammar) dan Kosakata (Vocabulary).
Berikut ini contoh Tips dan Trik CrAQu dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Inggris secara cepat, kreatif dan akurat. Tentu saja masih banyak cara lain yang bisa membuat pembelajaran atau tutorial Bahasa Inggris menjadi mengasyikkan, santai, mudah diingat dan tidak membosankan.
Inovasi-inovasi metode pembelajaran seperti itulah yang perlu dikembangkan di sekolah maupun di bimbingan belajar sehingga siswa lebih tertantang dan lebih kreatif.

CrAQu 1

LeMaH + Obj + Verb1
LeMaH yaitu:
Let: membiarkan, mengizinkan
Make: membuat, menjadikan
Help: membantu, menolong
Contoh soal:

1)

The fact that he was put in prison for something that he had not done made his wife ______
A) Cry
B) Cried
C) Crying
D) to cry
E) to be crying
Pembahasan:perhatikan bagian akhir kalimat: made his wife…. Kata made (make) merupakan bagian dari LeMaH. Maka Verb setelah Object (his wife) adalah Verb1, yaitu cry. Jawab: A

2)

X: Can you help me ______ the street?
Y: All right, take my hand and walk beside me.
A) to cross
B) to be crossed
C) Cross
D) Drossed
E) Crossing
Pembahasan: pola LeMaH + obj + verb1. Yang merupakan verb 1 adalah: cross. Jawab: C

CrAQu 2

PrAWaNE BegO + to Verb1 atau PrAWaNE BegO + Obj + to Verb1
PrAWaNE BegO yaitu:
Promise : berjanji
Ask : bertanya, meminta
Want : menginginkan, berkehendak
Need : membutuhkan, memerlukan
Expect : mengharapkan, mendambakan
Beg : meminta, memohon
Order : memerintahkan, menyuruh
Contoh soal:

1)

Having been fired from the company, she asked me ______ her get a new job
A) Help
B) to help
C) Helped
D) Helping
E) to be helped
Pembahasan: kata asked (ask) adalah bagian dari PrAWaNE BEGO. Maka setelah object (me), yang tepat adalah to-Verb1, yaitu: to help. Jawab: B

CrAQu 3 :

MADHEP + to Verb1 atau MADHEP + Obj + to Verb1
Mean : bermaksud
Arrange : mengatur
Decide : memutuskan
Hope : berharap
Encourage : mendorong, menyarankan
Plan : merencanakan
Contoh soal:

1)

Our family decided ______ to a nicer place.
A) Move
B) to move
C) Moving
D) Moved
D) to moving
Pembahasan: kata decided (decide) adalah bagian dari MADHEP. Maka setelah decided, yang tepat adalah to-Verb1, yaitu: to move
Jawab: B

CrAQu 4 :

RemAS PerUT InI + Obj + to Verb1
Remind : mengingatkan
Advise : menasehati
Send : mengirim
Persuade : membujuk, mempengaruhi
Urge : berdebat, berargumentasi
Tell : berkata, bercerita, mengatakan, menceritakan
Invite : mengundang
Intend : bermaksud
Contoh soal:

1)

She told me ______ on time
A) Coming
B) Came
C) to coming
D) to be came
E) to come
Pembahasan: kata told (tell) adalah bagian dari RemAS PerUT InI. Maka told+obj+to verb1, yaitu: to come
Jawab: E

CrAQu 5 :

AdA PASuKAN CoDEM PRiA + Verb-ing
AdA PASuKAN CoDEM PRiA, yaitu:
Admit : mengakui
Avoid : menghindari
Postpone : menunda
Appreciate : menghargai
Suggest : menyarankan
Keep : tetap, terus,
Allow : mengizinkan
Neglect : mengabaikan
Consider : menganggap, mempertimbangkan
Deny : mengingkari
Enjoy : menikmati, menyukai
Mind : keberatan
Practice : berlatih
Risk : beresiko
Anticipate : mengantisipasi
Contoh soal:

1)

Student : Would you mind ______ me your book, Sir?
Teacher : Oh, no. Which one do you want, the first or second edition?
Student : The second edition, Sir.
A) Lend
B) to lend
C) Lending
D) Lent
E) to lending
Pembahasan: kata mind adalah bagian dari AdA PASuKAN CoDEM PRiA.. Maka Verb setelah mind adalah Verb-ing, yaitu lending
Jawab: C
Penulis: Sritopia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...