Langsung ke konten utama

paud 5 hingga 6 tahun

Paud 5 hingga 6 tahun
STPPA: Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Definisi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak adalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat dicapai pada rentang usia tertentu.
Pengertian Pertumbuhan anak adalah pertambahan berat dan tinggi badan yang mencerminkan kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan pertumbuhan anak dan dipantau menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yang meliputi Kartu Menuju Sehat (KMS), Tabel BB/TB, dan alat ukur lingkar kepala.
Pengertian Perkembangan anak adalah integrasi dari perkembangan enam  aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional, serta seni :
  1. Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun
  2. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun
  3. Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
  4. Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun
  5. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
  6. Perkembangan Seni Anak Usia 5-6 Tahun
Perkembangan yang dimaksud merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif
maupun kualitatif.

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA) adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
REKOMENDASI: Standar perkembangan anak usia dini (PAUD) dibuat berdasar tahap usia dalam STPPA. Untuk pengelompokan usia dan tingkat perkembangan anak silahkan lihat melalui Pencapaian Perkembangan Anak Sesuai Kelompok Usia 0-6 Tahun
 

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun

Untuk membantu para Pendidik PAUD dan orang tua memahami tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 5-6 tahun, berikut ini disajikan daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) untuk usia 5-6 tahun.
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Perkembangan Agama dan Moral Anak Perkembangan Fisik Motorik Anak Perkembangan Kognitif Anak Perkembangan Bahasa Anak Perkembangan Sosial Emosional Anak Perkembangan Seni Anak

I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL

  1. Mengenal agama yang dianut
  2. Mengerjakan ibadah
  3. Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
  4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  5. Mengetahui hari besar agama
  6. Menghormati (toleransi) agama orang lain

II. FISIK MOTORIK

A. Motorik Kasar
  1. Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
  2. Melakukan koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
  3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
  4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
  5. Melakukan kegiatan kebersihan diri
B. Motorik Halus
  1. Menggambar sesuai gagasannya
  2. Meniru bentuk
  3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
  4. Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
  5. Menggunting sesuai dengan pola
  6. Menempel gambar dengan tepat
  7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
  1. Berat badan sesuai tingkat usia
  2. Tinggi badan sesuai standar usia
  3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
  4. Lingkar kepala sesuai tingkat usia
  5. Menutup hidung dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)
  6. Membersihkan, dan membereskan tempat bermain
  7. Mengetahui situasi yang membahayakan diri
  8. Memahami tata cara menyebrang
  9. Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)

III. KOGNITIF

A. Belajar dan Pemecahan Masalah
  1. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
  2. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
  3. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
  4. Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan  masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
B. Berpikir Logis
  1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
  2. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo  kita bermain pura-pura seperti burung”)
  3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
  4. Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
  5. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
  6. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
  7. Mengenal pola ABCD-ABCD
  8. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
C. Berpikir Simbolik
  1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
  2. Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
  3. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
  4. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
  5. Merepresentasikan berbagai macam  benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)

IV. BAHASA

A. Memahami Bahasa
  1. Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
  2. Mengulang kalimat yang lebih kompleks
  3. Memahami aturan dalam suatu permainan
  4. Senang dan menghargai bacaan
B. Mengungkapkan Bahasa
  1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
  2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
  3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
  5. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
  6. Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
  7. Menunjukkkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
C. Keaksaraan
  1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
  2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
  3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
  4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
  5. Membaca nama sendiri
  6. Menuliskan nama sendiri
  7. Memahami arti kata dalam cerita

V. SOSIAL EMOSIONAL

A. Kesadaran Diri
  1. Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
  2. Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
  3. Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)
B. Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
  1. Tahu akan hak nya
  2. Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
  3. Mengatur diri sendiri
  4. Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
C. Perilaku Prososial
  1. Bermain dengan teman sebaya
  2. Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
  3. Berbagi dengan orang lain
  4. Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
  5. Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)
  6. Bersikap kooperatif dengan teman
  7. Menunjukkan sikap toleran
  8. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
  9. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat

VI. SENI

A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
  1. Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
  2. Memainkan alat musik/instrumen/benda bersama teman
B. Tertarik dengan kegiatan seni
  1. Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
  2. Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
  3. Bermain drama sederhana
  4. Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
  5. Melukis dengan berbagai cara dan objek
  6. Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal dan pembahasan kimia teori atom

Soal dan bahasan kimia bab teori atom   Pokok teori atom thomson dititikberatkan pada . . . . A. Atom terdiri dari elektron - elektron B. Elektron sebagai penyusun utama atom C. Atom sebagai bola masif yang hanya berisi elektron D. Atom sebagai bola masif bermuatan positif yang di dalamnya tersebar elektron sehingga keseluruhannya bersifat netral E. proton dan elektron adalah bagian penyusun atom yang keduanya saling meniadakan. Pembahasan : Teori atom Thomson Atom terdiri dar inti bermuatan positif dan elektron yang menyebar rata di permuakaan atom. Model atom thomson dikenal juga dengan model atom roti kismis. Jawaban : D Soal                   Teori yang menjadi dasar munculnya teori atom modern adalah . . . . A. spektrum atom hidrogen B. tabung sinar katode C. penghamburan sinar alfa D. adanya sinar saluran E. mekanika gelombang Pembahasan : Dasar munculnya teori atom modern adalah adanya teori mekanika g...

persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Persamaan & pertidak samaan kuadrat January 17, 2017 1.    Batas-batas pertidaksamaan 5x – 7 > 13 adalah... a.    x < -4 b.    x > 4 c.    x > -4 d.    x < 4 e.    -4 < x < 4 Pembahasan: 5x – 7 > 13 5x > 20 x > 4 Jawaban: B 2.    Semua bilangan positif x yang memenuhi pertidaksamaan √x < 2x jika... a.    x < ¼ b.    x < 4 c.    x > ¼ d.    x > 4 e.    x ≤ 4 Pembahasan:        x(1 – 4x) < 0        x = 0 dan x = ¼ Karena x harus bilangan positif, maka nilai x yang memenuhi x > ¼ Jawaban: C 3.    Bentuk yang setara (ekuivalen) dengan |4x-5|<13 adalah ... a.    -8 |4x-5| < 13 b.    4x < 18 c.    -8 < 4x < 18 d. ...

info seputar diabetes militus

Info seputar diabetes militus KELAINAN KENCING MANIS KARENA SISTEM ENDOKRIN Pendahuluan Diabetes Mellitus pada anak dan remaja berbeda dengan DM yang terjadi pada masa dewasa. DM pada masa anak dan remaja selalu tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus IDDM) DM pada anak dan remaja merupakan salah satu penyakit yang serius oleh karena banyak kasus yang masuk dalam kegawatan, menderita komplikasi ketoasidosis yang mungkin dapat menyebabkan kematian DM pada anak dan remaja juga merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi cara hidup keluarga sepanjang kehidupannya. Secara genetik, etiologi dan fisiologi kedua type DM berbeda dalam karakter penyakit sehingga  dapat dilihat perbedaan dalam penampilan klinik nya Perbedaan penampilan klinik IDDM dan NIDDM Angka kejadian IDDM pada laki dan perempuan sama 2012 Di USA sebesar 15 per 100.000anak pertahun. Terdapat perbedaan angka kejadian yang mencolok berdasarkan geografik. Di Asia angka ke...